ENGINE APU SYSTEM

Engine APU

Apa itu APU?
The Auxiliary Power Unit (APU) adalah mesin jet kecil bertempat di ekor pesawat yang digunakan untuk menyediakan sumber listrik untuk pesawat di tanah ketika mesin dimatikan dan sebagai sumber udara untuk memulai mesin.
Setelah mesin dimulai, APU tidak lagi diperlukan, tetapi memeberikan beberapa fungsi sekunder :
 
Ø  menyediakan kabin udara dan listrik sebelum mesin dimulai (menghemat daya baterai).

Ø  menyediakan sumber darurat tenaga listrik dalam hal kegagalan mesin. jika mesin pesawat mati ketika sedang terbang, APU digunakan untuk menyalakan mesin kembali.





Di technical level, sebuah APU adalah turbin gas yang terbagi menjadi tiga bagian:
  •       Bagian Power: mesin turbin yang memberikan kekuatan untuk APU.
  •       Beban kompresor: yang memasok tekanan pneumatik ke pesawat.
  •       Gearbox: yang mentransmisikan daya APU untuk generator listrik yang pada gilirannya memasok listrik ke pesawat.

Sebelum mesin yang akan berubah, APU dimulai, umumnya oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU sedang berjalan, ia menyediakan tenaga (listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai mesin utama pesawat.
Beberapa APU juga terhubung ke pompa hidrolik, yang memungkinkan kru untuk mengoperasikan peralatan hidrolik (seperti kontrol penerbangan atau flaps) sebelum engine start. Namun APU tidak dapat digunakan pada saat pesawat terbang diketinggian 23.000 ft.
 
Hal yang paling menarik tentang APU adalah manfaat yang disediakan untuk penerbangan:
  •       Penghematan biaya: Ketika pesawat berada di tanah, tidak harus menjaga mesin yang berjalan untuk memasok AC atau pencahayaan ke kabin. Hal ini akan mengurangi konsumsi bahan bakar dan biaya pemeliharaan, karena dapat memperoleh energi ini tanpa harus menjaga mesin utama yang berjalan.
  •       kemandirian energi Pesawat ini: Ketika pesawat sedang di tanah atau ketika pekerjaan pemeliharaan sedang dilakukan, APU memungkinkan pesawat untuk beroperasi secara independen, tanpa perlu sumber energi dari luar atau harus memulai mesin utama. sehingga dapat menyediakan energi untuk sistem listrik dan pneumatik pesawat. Oleh karena itu, maskapai ini tidak akan diwajibkan untuk membayar bandara untuk layanan tambahan ini, karena dapat memperoleh energi dari APU dan memiliki kemungkinan untuk memilih pilihan termurah. Selain itu, harus diperhitungkan bahwa pilihan pasokan daya eksternal tidak tersedia di beberapa bandara kecil.
  •       Pasokan energi darurat: Untuk sebagian besar, APU memungkinkan untuk pesawat yang akan diberikan ETOPS (Extended Twin Operations) sertifikasi. Dalam hal kegagalan mesin, APU akan menjadi penting, karena memiliki kemampuan memasok listrik dan AC mesin harus menyediakan. Pesawat diberikan sertifikasi ETOPS dapat melayani rute jarak jauh, terutama rute melintasi gurun, lautan dan daerah kutub, yang pesawat bermesin ganda yang sebelumnya tidak diizinkan untuk layanan. Oleh karena itu APU memberikan manfaat tambahan untuk penerbangan, karena mereka dapat beroperasi rute lebih lama dengan pesawat yang sama.
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGINE FUEL SYSTEM

ENGINE CONTROL SYSTEM